Pages

Subscribe:

Friday, September 30, 2011

Mobil Murah yang Diliris 2012 di Indonesia

Mobil Murah yang Diliris 2012 di Indonesia
Mobil Murah yang Diliris 2012 di Indonesia
PARA pencinta otomotif yang memiliki budget minim ada baiknya untuk sedikit bersabar. Sebab, awal tahun depan produsen merek mobil ternama di dunia, seperti Honda, Suzuki dan Hyundai, akan meluncurkan mobil-mobil murah terdesain mewah.
Diawali dengan mobil murah dan mungil dari Honda Motors, yakni Brio. Mobil yang rencananya akan diluncurkan pada awal 2012 di Indonesia ini, akan menjadi sebuah ikon mobil berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
Brio memang sudah lebih dulu dipasarkan di Thailand dibanderol seharga Rp 115 jutaan. Harga Brio di Indonesia diprediksi tidak akan jauh dari harga yang ada di Thailand.
Mobil ini berukuran sangat kompak, yakni berdimensi 3.610x1.680x1.485 mm. Dimensi yang mungil ini membuatnya lincah bermanuver, nyaman parkir di tempat sempit, juga mudah dikendalikan.
Dapur pacunya menggu-nakan mesin 1.200 cc i-VTEC, 4 silinder, mampu memompa tenaga hingga 90 dk atau terbesar dibandingkan rivalnya di kelas city car. Tingkat konsumsi bahan bakar Brio juga diklaim sangat irit, yakni lima liter untuk 100 kilome-ter(standa-remisiEuro 4).
Untuk transmisi, Brio menggunakan continuously variable transmission (CVT) dan teknologi Honda’s G-Force Control (GCON). Dilengkapi pula dengan dual SRS front airbags, disc brakes, anti-lock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), serta fitur immobilizer.
Tak mau kalah, Suzuki juga siap memberikan gebrakan dengan menyiapkan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diberi nama Suzuki Ertiga.
Seperti dilansir autocarindia.com, mobil yang dikembangkan oleh Maruti Suzuki India diprediksi mengawali debut di India Auto Expo pada Januari 2012.
Mobil keluarga ini rumornya akan dipasarkan pada semester pertama tahun depan. Pesaing Toyota Avanza ini dibekali mesin bensin berkode K14 berteknologi VVT dengan kapasitas 1.372 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 95 hp serta torsi 128 Nm.
Suzuki Ertiga bakal hadir dengan beberapa varian dengan fitur ABS dan airbag. Mobil ini di India dibanderol pada kisaran Rp130 jutaan.
Terakhir giliran pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai. Rencananya mobil jenis hatchback yang diberi nama Hyundai Eon ini akan lebih dulu diluncurkan pada pertengahan Oktober mendatang di India.
Mobil yang rencananya akan diban-derol Rp50 juta, memiliki desain eksterior yang agresif. Hal tersebut diperlihatkan pada garis tegas pada bagian kap mesin, fender dan bodi samping.
Eon juga dilengkapi dengan lampu kabut depan dan belakang. Hyundai Eon memiliki dimensi panjang 3495mm, lebar 1550 mm dan tinggi 1500 mm serta wheelbase 2380 mm dengan bobot 772 kilogram.
Beralih ke interior, kabin Eon dihiasi fitur dua warna yang menambah kesan modern pada mobil ini. Selain itu di dalam juga terdapat fitur keselamatan air bag (kantung udara), power steering, kunci sentral, power windows di bagian depan.
Urusan dapur pacu, Eon dipersenjatai mesin tiga silinder MPFI berkapasitas 814cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 56 PS pada putaran 5500 rpm dan torsi 75 Nm pada kisaran 4000 rpm.
Untuk kaki-kaki, Eon akan mengusung suspensi MacPher-son di depan dan Torsion beam axle di belakang. Sementara velg 13 inci dibalut ban ukuran 155/70/13. (oz)