Pages

Subscribe:

Friday, September 30, 2011

Cara Merawat LCD Laptop Agar AwetdanTahan Lama

LCD Laptop adalahsalahsatukomponen laptop yang cukupmahalharganyaapabilaterjadipenggantianakibatrusak. Rusaknya LCD laptop inimemangdisebabkanolehbanyakfaktor, bisakarenafaktorbawaandaripabrikataupunfaktormanusia yang menggunakannyayaitu di perlakuandancaramerawat LCD laptop itusendiri.
Permasalahan yang seringdihadapiolehpengguna laptop antara lain adalah LCD dengantampilanbergaris, tampilanbergetar ,warnakurangtajam, dan missing color. Permasalahaninibanyakdialamioleh LCD yang masihmenggunakan inverter atau neon sebagaibacklightnya.dansebagianbesarkerusakan LCD susahditanganikecualidenganpenggantian.
Berdasarkanpengalaman, kerusakan LCD laptop disebakanoleh VGA module nyakurangbaiksecarakualitasnya.VGA module tersusunoleh VGA chipset, kabelflexibel, konektorflexibelke LCD, konektorflexibelke mainboard, dan inverter.Iniadalahkerusakan LCD laptop yang disebabkanolehfaktorbawaandaripabrikpembuatannya.
Faktor lain penyebabkerusakan LCD laptop adalahkarenapenggunaandancaramerawat LCD laptop yang kurangbenar. Laptop tidaksamadengan PC desktop yang lebihkuatdantahanapabilakitanyalakanseharian. Semakin lama laptop dinyalakanakanmenyebabkanpanas yang berlebihan di dalam laptop itusendiriwalaupunsudahadafasilitaspendinginan di dalam laptop. Hal inidisebabkanolehruangkosong yang lebihsempitjikadibandingkandengan PC desktop biasa.Panaspada laptop inilah yang menyebabkankerusakanpada laptop, yang salahsatunyaadalah LCD laptop yang rusak.
Bagaimanacaramerawat LCD laptop agar awetdantahan lama?
• Bersihkan LCD laptop secaraberkaladenganmenggunakancairankhususpembersih LCD laptop.
• Janganmenggunakan laptop lebihdari 3 jam berturut-turut, matikansekitar 10 menit, kemudianandabisamenghidupkankembali laptop anda.
• Untukpenggunaandalamwaktu lama gunakancoolingpad yang berkualitasyaitucoolingpad yang menggunakan adaptor sendiri, bukan yang mengambildari USB laptop.
• Gunakan contras dan brightness sedangpadapengaturan LCD laptop.
• Atur LCD time off ketika laptop tidakdigunakan di menu power option windows.
• Membukadanmenutup LCD laptop denganbenaryaitu denganmemegangnyadarikeduasisikanankirinya, bukandariatasnya, karena di bagianatasadablokygrentanrusak.
Demikiancaramerawat LCD laptop agar awetdantahan lama.

No comments:

Post a Comment

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner