Pages

Subscribe:

Wednesday, September 28, 2011

Cara agar CD R dapat dipergunakan menyimpan data berulangkali

Sunday, April 03, 2011 SyahidaComputer 21 comments

Your browser does not support iframes.

Sebelum diluncurkan flashdisk, salah satu media penyimpanan data selain disket adalah menggunakan compact disc ( CD ). CD ini memiliki kelebihan daripada disket. Selain tidak mudah rusak, CD ini juga memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada disket yaitu sekitar 650 – 700 MB. Saat ini disket sudah jarang dipergunakan, bahkan hampir tidak pernah. Compact disc (CD) ini terdapat dua macam yaitu CDR ( Compact Disc Recordable ) yang hanya dapat dipergunakan untuk menyimpan saja dan CDRW (Compact Disc ReWritable) yang dapat dipergunakan untuk menyimpan dan juga dapat menghapus file yang telah disimpan kemudian untuk menyimpan file/data lagi sehingga CDRW ini bisa dipergunakan berkali-kali seperti layaknya flashdisk.

Berbeda dengan CDRW yang dapat diisi dan dihapus secara berulang-ulang, CDR ini hanya bisa digunakan untuk menyimpan saja. Ketika kita menyimpan data dengan volume kecil ke CDR, maka CD tersebut sudah tidak bisa dipergunakan untuk menyimpan data lagi. Sehingga sangat tidak efisien. Kita bisa menyiasati agar CD R dapat digunakan untuk menyimpan data atau file berulang kali, jadi bisa lebih irit dan efisien. Program yang biasa dipergunakan untuk burning data ke CD adalah program Nero. Untuk itu trik agar cdr bisa dipergunakan berulang kali ini menggunakan program Nero saja.
1. Seperti biasa buka dulu program Nero
2. Pilih Data kemudian klik Make Data CD



3. Masukkan data atau file yang akan burning ke CD dengan klik tombol Add dan jika sudah semua klik Next
4. Pada jendela Final Burn Settings aktifkan atau beri tanda centang pada pilihan Allow files to be added later (Multisession disc). Dengan mengaktifkan fitur ini maka CD R shobat akan bisa digunakan untuk menyimpan data lain di waktu yang lain pula.



5. Klik Burn.
Dengan demikian jika masih ada ruang pada CDR, maka kita bisa menambahkan data atau file ke CDR tersebut, jadi bisa lebih irit mengingat harga CDR sangat jauh lebih murah ketimbang CDRW.

No comments:

Post a Comment