Pages

Subscribe:

Friday, September 30, 2011

bongkar laptopmu sendiri

Jika ingin membongkar laptop sendiri untuk mengatasi panas laptop, Anda dapat melakukannya sebagai berikut:
Langkah 1
Pastikan Laptop/Notebook Anda dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber listrik. Kemudian cari lokasi kipas pendingin. Secara fisik dapat dilihat langsung pada sisi bawah laptop/notebook. Biasanya posisi kipas berada dekat dengan saluran ventilasi udara di sisi luar notebook. Balikkan laptop/notebook anda dan lepaskan baterainya.
Setelah ditemukan, Anda dapat membuka panel penutup yang ada disekitar saluran ventilasi tersebut dengan menggunakan obeng. Lepaskan panel penutup tersebut dengan hati-hati karena setiap produsen membuat mekanisme penempatan panel yang berbeda-beda. (misalnya anda harus menggeser panel penutup terlebih dahulu untuk melepaskan panel tersebut). Setelah terbuka anda dapat melihat kipas kecil biasanya berbentuk lingkaran menyerupai baling-baling dari bahan plastik yang mungkin dalam keadaan kotor.
Langkah 2
Lihat keadaan sekitar kipas, gunakan lampu senter untuk melihat lebih jelas, ambilah sampah/kotoran yang mungkin ada disekitarnya. Kemudian kita mulai membersihkan debu yang menempel pada bagian yang sulit terjangkau dengan menyemprotkan udara menggunakan kompresor udara tekanan rendah. Semprotkan keseluruh bagian yang berdebu dan ke arah saluran ventilasi. Setelah selesai cobalah untuk menggoyangkan laptop/notebook Anda sedikit agar debu dan kotoran yang membandel terlepas dan kemudian lanjutkan penyemprotan udara tersebut dan akhirnya gunakan kain lap untuk membersihkan komponen.
Setelah selesai membersihkan notebook. Anda dapat memasang kembali panel penutup dan pastikan Anda memasang sekrupnya dengan benar dan kuat. Pastikan saat memasang sekrup anda tidak memasang terlalu kencang, cukup kencangkan sampai anda merasakan adanya resistant. Setelah selesai pasang kembali baterainya. Sekarang cobalah Anda menghidupkan notebook, seharusnya notebook kembali normal, tidak ada suara bising dan udara panas yang berlebihan.
Lakukanlah proses ini secara teratur atau jika gejala panas diatas mulai timbul kembali. Masalah ini adalah pengalaman penulis sendiri, maksudnya permasalah panas laptop ini, oleh karena itu jangan Anda abaikan. Jangan menunggu sampai laptop Anda rusak hanya gara-gara panas yang sebenarnya bisa diatasi lebih dini, dengan mengenali gejalanya

No comments:

Post a Comment