Pages

Subscribe:

Monday, October 3, 2011

Libia Ribuan orang mengungsi

Ribuan warga Libia menggunakan peluang gencatan senjata sementara untuk melarikan diri dari Site, salah satu basis pendukung kolonel Gaddafi yang tersisa.
Ribuan warga Libia menggunakan peluang gencatan senjata sementara untuk melarikan diri dari Site, salah satu basis pendukung kolonel Gaddafi yang tersisa

Penduduk dengan menggunakan kendaraan mengangkut harta benda mereka dan antri di pos pemeriksaan di luar kota.

Pasukan transisi nasional mengatakan mereka mematuhi gencatan senjata sementara agar warga sipil bisa keluar sebelum mereka melakukan serangan besar terakhir.

Sementara itu tim palang merah internasional yang sudah masuk Sirte mengatakan masyarakat setempat sangat memerlukan bantuan medis.

Sirte adalah satu dari dua kota besar yang masih melakukan perlawanan atas pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC).

Sampai saat ini, keberadaan kolonel Gaddafi masin belum diketahui.

"Sebelumnya, kami tidak dapat meninggalkan rumah kami karena masih terjadi pemboman. Karena itu kami harus angkat kaki sekarang," kantor berita Associated Press mengutip Ahmed Hussein, yang mengungsi dari Sirte bersama istrinya, mertua dan dua anak.

Pria lain, Ali mengatakan ia dan keluarganya juga harus mengungsi karena "kami terperangkap antara pemboman NATO dan kelompok perlawanan."

"NATO, khususnya, membom secara random dan sering menghantam gedung yang dipakai warga sipil," kata Ali kepada kantor berita AFP.

Palang Merah Internasional, ICRC yang bermarkas di Jenewa mengatakan hampir 10.000 orang telah meninggalkan Sirte, dan sepertiga diantaranya mendirikan kam di padang pasir, beberapa kilometer dari kota itu.


baca selengkap nya>>

No comments:

Post a Comment