Pages

Subscribe:

Monday, August 15, 2011

ajib - hiop-hop betawi

HA..HA..HA..!! ekspresi gw ketika pertama kali mendengar album ini, minimal tersenyum kalau sedang melamun. Dimulai dengan “AJIB GILA”, album ini mencoba untuk mendeskripsikan siapa sebenarnya duo ini. mereka menyebut diri mereka “ajib gila” mungkin lebih mirip sebutan “arab gila” di sebuah gang kecil di kampung betawi. kira-kira seperti itulah pengalaman gw ketika mendengar single pertama, tentu tetap terbahak-bahak.
http://hiphopindo.net/news/wp-content/uploads/2009/12/profile-ajib.jpg
Beat yang tidak terlalu spesial namun sesekali terdengar sentuhan detil timur tengah, membuat lagu-lagu di album ini kaya sebagai sebuah album. Tapi sebenarnya pengalaman turistik melalui joke khas arab betawi membuat sebuah hiburan sempurna. Bagaimana menurut anda ketika mereka menyebutkan “barang gw kuat karena disunat”?? kemudian coba dengarkan “NYOAH” bagaimana nuansa dangdut coba dimaksimalkan sebagai detil tambahan yang membuat lagu ini pantas dijadikan hit single.
Suara yang tidak coba disamarkan seperti rapper African American(rapper asli sono), dan malah tidak menyembunyikan logat betawinya membuat mereka special bagi gw.  Tema lagu yang lebih mirip sebuah thread BB 17 mengenai tante “TOGE” yang semakin tua makin gila adalah favorit gw. “JABLAY”adalah lagu yang menggunakan musik sunda sebagai warna baru dari album ini.
Sebuah imajinasi gang-gang kecil rusun romantis melintas di benak, diiringi beat-beat sederhana adalah pengalaman saat mendengarkan album ini. Tidak hanya disuguhkan oleh campuran musik daerah dan beat sederhana yang membuat album ini enak didengar, tapi lirik deskriptif tentang keadaan Jakarta yang penuh canda membuat musik AJIB seperti hiphop yang memang terlahir khusus untuk tanah Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner